jump to navigation

PENDAHULUAN 12 April 2010

Posted by agungt02 in Uncategorized.
trackback

A. LATAR BELAKANG

Olahraga merupakan aktivitas fisik untuk mencapai kebugaran jasmani secara utuh. Latihan olahraga yang dilakukan mempunyai banyak tujuan yang ingin dicapai, salah satunya adalah prestasi olahraga. Prestasi yang merupakan hasil dari proses pembinaan yang sistematis, teratur dan berkesinambungan.

Strategi yang paling mendasar dalam upaya mewujudkan peningkatan sumber daya manusia Indonesia, khususnya di bidang olahraga, adalah dengan memusatkan perhatian dan orientasi pengembangan olahraga sedini mungkin, yaitu dengan melakukan pembinaan dan pengembangan bagi generasi muda sejak usia dini.

Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia Nomor IV/MPR/1999, tentang Garis-Garis Besar Haluan Negara, Konsep Pembinaan Olahraga sejak dini termaktub di dalamnya, bahwa : menumbuhkan budaya olahraga guna meningkatkan kualitas Manusia Indonesia sehingga memiliki tingkat kesehatan dan kebugaran yang cukup, yang harus dimulai sejak usia dini melalui pendidikan olahraga di sekolah dan masyarakat selanjutnya ditetapkan pula bahwa peningkatan usaha pembibitan dan pembinaan olahraga prestasi harus dilakukan secara sistematis dan komprehensif melalui lembaga lembaga pendidikan sebagai pusat pembinaan dan bawah koordinasi masing-masing organisasi olahraga termasuk organisasi olahraga penyandang cacat bersama-sama dengan masyarakat demi tercapainya sasaran prestasi yang membanggakan.

Ketetapan  tersebut  jelas mengarah pada perlunya pembibitan olahraga bagi anak-anak usia dini, haruslah secara berencana, teratur, sistematis, serta dengan sengaja (intentionally). Jadi secara inplisit, pembinaan yang betul-betul mengandung pengertian menciptakan perubahan yang berencana, dan dilakukan dengan sengaja, bukan perubahan yang diharapkan akan terjadi dengan sendirinya atau secara alamiah.

B. DASAR

  1. Ketetapan MPR RI. Nomor IV/MPR/1999 tentang GBHN
  2. Undang – undang RI :

C. TUJUAN

Tujuan Pembinaan Atletik di club yaitu untuk menjamin agar pembinaan prestasi olahraga khususnya atletik mencapai sasaran sesuai dengan yang diharapkan, dan memudahkan untuk menentukan status atlit, baik dalam kelompok umur junior maupun senior sesuai dengan umur dan prestasi yang dicapai.

D. Sasaran

Pembinaan Club Atletik yaitu pencarian bakat atlet yang berbakat. Bahwasanya prestasi olehraga optimal seseorang tidaklah selalu tetap, akan terjadi regenerasi oleh yang lain secara berkesenambungan terus-menerus. Oleh karena itu perlu selalu pencarian bibit-bibit baru yang berbakat sebagai penganti atlet-atlet yang lama. Bibit-bibit baru ini kemungkinan dapat ditingkatkan prestasinya lebih baik dari atlet yang sebenarnya agar prestasi selalu berkembang dari tahun ketahun. Sehingga Kota Cimahi pada khususnya tidak lagi kesulitan untuk mendapatkan atlet-atlet handal.

Komentar»

1. Mr WordPress - 12 April 2010

Hi, this is a comment.
To delete a comment, just log in, and view the posts’ comments, there you will have the option to edit or delete them.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: